Menjadi Bagian dari PAFI Tanjung Jabung Timur

Menjadi Bagian dari PAFI Tanjung Jabung Timur

Daftar Isi

Kabupaten Tanjung Jabung Timur merupakan bagian dari kota Jambi. Di pusat ibukota Tanjung Jabung Timur, cuma ada satu RSUD Nurdin Hamzah tepatnya berlokasi di kecamatan Muara Sabak Bagian Barat. Anugerah luas tanah yang cenderung luas, sebagian besar mata pencaharian penduduk Tanjung Jabung Timur adalah seorang nelayan. Meskipun demikian, masih tercatat ada 11 puskesmas yang ada di kabupaten Tanjung jabung Timur.

Pilar Utama Menjaga Kesehatan

Bidang kesehatan selalu menarik jika dibahas. Pembahasannya pun luas. Melihat dari satu sisi ini, banyak sekali tenaga kesehatan yang bisa berkiprah di bidang ini. Bukan terbatas dari tim medis saja, sebagai pelajar, ibu, bapak, anak. kakek, nenek dan siapapun itu, bisa sejak dini menjaga kesehatan

Mengingat, penyakit juga makin beragam, orang yang ahli di bidang kesehatan semakin banyak dibutuhkan. Sekilas, jika kita sejenak menengok saudara kita yang ada di pa les tina. Tenaga kesehatan menjadi sosok yang penting untuk memberikan bantuan medis disana. Mari doakan sejenak, semoga keberuntungan cepat memihak pada saudara kita yang disana. Amiin.

pilar utama kesehatan

Balik lagi pada pembahasan. Kesehatan menjadi pilar utama yang menentukan kesejahteraan masyarakatnya. Oleh sebab itu, masih bayak dibutuhkan tenaga kesehatan untuk mengisi kekosongan kursi maupun formasi dibeberapa unit layanan kesehatan.

Sebagai generasi muda, yang masih aktif bergerak dan memang perlu banyak bergerak, nyatanya, masih banyak ditemukan generasi yang suka main gadget. Jika dilihat dengan mata memandang, penampilan itu tidaklah menyenangkan. resiko kedepannya, bisa jadi masih muda mengalami gangguan mata. Saat usia memasuki angka 20an tahun, beberapa penyakit sudah mendekati. Nauzubillah ya. Semoga saja tidak demikian.

Maka dari itu, penting bagi generasi muda memahami empat pilar utama untuk tetap menjaga badan tetap prima.

Empat Pilar Menjadikan Tubuh Tetap Bugar

Semakin kesini, kesehatan semakin mahal harganya. Mengingat serangan penyakit tidak memandang usia. Bahkan yang masih muda-muda banyak yang meninggalkan dunia. Baik itu karena sakit, kesehatan mental terganggu, pembunuhan, dan lainnya. Jika kesehatan terganggu, memberikan sekat bagi diri untuk beraktivitas minim, ya tidak ?

Berikut, empat pilar yang perlu teman pembelajar upayakan agar tubuh sehat, baik secara lahir maupun batin.

1. Aktif Berolah Raga

Tidak baik, terus-menerus sering melakukan olah raga jari alias main gadget sendiri atau bersama teman-temannya. Disepanjang saya melewati lorong kelas, ketika kegiatan ulangan selesai dilakukan, anak-anak sibuk main dengan gadgetnya. Bisa dihitung jari, anak-anak yang mau berolah raga di lapangan saat menunggu jam pelajaran.

Pada dasarnya, melakukan olah raga tidak lah berat. Yang berat itu, menjaga konsistensi untuk tetap mau bergerak dan hidup sehat yang godaannya banyak. Menilik dari manfaat, dengan berolah raga, justru stress akan bisa dihindari

2. Menjaga berat badan ideal

Remaja memang masa pertumbuhan, jika badan terlalu kegendutan, ya agak susah untuk bergerak melakukan aktivitas. Biar tidak mager, menjaga berat badan ideal menjadi penentu kesehatan remaja.

Mengurangi kebiasaan makan junkfood. Mengurangi minuman yang manis-manis. memperbanyak sayuran dan makan buah-buahan.

3.Menerapkan pola hidup bersih dan sehat

Membiasakan sejak dini , hidup sehat dan bersih bisa dimulai dari membersihkan kamar sendiri. Merapikan tempat tidur, menyapu lantai dan lainnya. Hingga aktivitas life skill lainnya bisa dilakukan step by stepnya. Orang tua pun turut mendampingi dan mencontohnya. Biar remaja, tak sering gegabah atau bilang biarkanlah dan berujung cuek bebek.

Berpenampilan yang rapi, gosok gigi minimal dua kali sehari dan disiplin mandi.

4. Mengkonsumsi makanan dengan beraneka ragam

Hidup sehat memang pilihan, jika tidak segera dimulai, mau kapan ? mengkonsumsi makanan yang beraneka ragam. Dalam artian, tidak pilih-pilih makanan. Menyeimbangkan asupan yang penting dibutuhkan bagi tubuh. Bukan makan- makanan yang itu-itu saja.

Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Masyarakat

Pada laman Metrojambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur pernah diberitakan, pada saat musim kemarau, menghimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas diluar. Akibat pembakaran hutan yang berdampak pada polusi udara dan masyarakat jadi rentan terhadap penyakit ISPA. Suatu penyakit yang menyerang saluran pernapasan atau sering disebut Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA)._September 2023.

pengaruh pendidikan terhadap kesehatan

Remaja, wajib tahu akan hal ini. Meresponnya dengan bijak dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih bisa dibiasakan sejak dini. Peran orang tua, turut membantu, mendampingi dan mencontohkan.

Cara lain, untuk mendapatkan akses kesehatan yang valid dan berkesinambungan, yakni ikut andil dalam pendidikan dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait kesehatan baik secara aktual. Atau, membuat mind map lewat jalur pendidikan yang akan ditempuh ketika sudah mulai penjurusan.

Sebagai contoh. Sejak duduk dibangku sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sudah mempersiapkan bekal ilmu yang berhubungan dengan ilmu kesehatan. Memperbanyak referensi pendukung mata pelajaran IPA, Matematika, Bahasa Inggris dan lainnya yang berkaitan dengan karir di masa depan.

Sampai duduk pada jenjang sekolah SMP, anak membangun konsistensi yang lebih kuat. Biar masuk SMA/SMK tidak kewalahan dalam mempelajari pelajaran di jenjang tersebut. Wawasan dan pengetahuan akan tetap mempengaruhi kualitas seseorang dalam berpikir. Makanya, jika perkembangan kesehatan tidak banyak diminati oleh remaja, lantas, siapa nanti yang akan menjadi dokter, apoteker, perawat, bidan dan tenaga medis lainnya yang bertugas penyambung edukasi ke masyarakat?

PAFI, Turut Membangun Negeri

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia, turut serta memberikan kontribusi tenaga dan pikirannya untuk membantu pemerintah membangun negeri. Melalui kegiatan dan aktivitas yang berhubungan dengan edukasi (kesehatan masyarakat), anggota PAFI berjuang memajukan kesehatan masyarakat semakin meningkat. 

Kegiatan sosial dan pengabdian, menjadi ciri khas PAFIuntuk terus menyala. PAFI telah menyematkan misi dan visinya dalam situs resminya. Salah satunya, mengembangkan ahli farmasi dengan berbagai macam kegiatan.

Seperti pada tulisan bu windi yang membahas farmasi di artikel sebelumnya. Akan ada banyak pilihan profesi yang bisa teman pembelajar ikuti ketika sudah mendapatkan gelar sarjana farmasi.

Akhir Kata

Mendukung kegiatan pafi(dot)or(dot)id meski letaknya cukup jauh, yuk saling mendukung gerakan pemerintah dimulai diri diri. Menjadi pelajar yang sehat, peduli dengan perkembangan ilmu pengetahuan kesehatan, obat-obatan bisa mendatangkan manfaat yang berlipat. pada dasarnya, punya niatan baik untuk menjadi garda terdepan membantu masyarakat semakin sehat, adalah tugas mulia yang tidak semuanya mau mengikutinya. 



 


Posting Komentar